5 Tips Bisnis Mahasiswa

09:56
Assalamualaikum Wr. Wb.

Apabila teman-teman seorang mahasiswa yang merasakan ngekos dan jauh dari orang tua pasti teman-teman pernah berfikiran "pengen bisnis ah,tapi bisnis apa ya?" fikiran itu pasti telah banyak berlalu-lalang di fikiran tiap orang,tetapi kebanyakan orang hanya sekedar ingin tanpa ada tindakan.

Ada 2 (dua) kelebihan anak mahasiswa/sekolah yang tidak dimiliki oleh orang lain pada umumnya;yaitu Waktu dan Tanggung Jawab

  1. Waktu; Ya, dibanding dengan yang sudah lebih berumur, anak kuliahan/sekolahan memiliki waktu terbentang dihadapan. Usia muda artinya ada waktu bertahun-tahun untuk “dihabiskan” melakukan #EKSYEN bertubi-tubi
  2. Tanggung Jawab; Dibandingkan mereka yang udah berkeluarga, anak kuliahan/sekolahan BELUM punya tanggung jawab atas “perut” orang lain. Meski sebagian kecil, karena keadaan memaksa, ia sudah memikul tanggung jawab ini, tapi sebagian besar lainnya belum memikul beban apapun. 
Dengan dua kelebihan ini, berikut ini adalah… jreng jreeeng …

5 Tips Bisnin Mahasiswa
  1. EKSYEN bertubu-tubiCoba bisnis ini itu anu ntu, lakukan sebanyak-banyaknya. Niatkan bukan untuk mencari UNTUNG, tapi untuk mencari ILMU. Karena untung akan habis dimakan, tapi ilmu akan menyokong naiknya omzet dan berkembangnya skala bisnis kita.
  2. TEKUKUR; Alias TES dan UKUR. Maksudnya? Setiap yang dilakukan, baik itu promo, penjualan, perjanjian bisnis, penentuan target pasar, penentuan lokasi bisnis, penentuan harga, dan lainnya, lakukan TES dan UKUR. Mana yang baik, mana yang kurang baik. Yang baik dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Yang kurang baik diperbaiki atau dibuang. Ini akan memastikan setiap langkah yang kita lakukan akan selalu lebih baik dari yang sebelumnya.
  3. Bersahabat dengan pena dan kertas; Maksudnya? Siapkan sebuah buku (bukan kertas lepasan) dan pena, untuk mencatat semua hal penting, pembelajaran, ide-ide, target-target, impian-impian sehingga semua bisa kita akses lagi setiap saat. Jangan percayakan semuanya kepada ingatan kita. Selain karena ia mudah lupa, lebih baik kita manfaatkan pikiran untuk MENGOLAH informasi, bukan untuk MENGINGATnya.
  4. Mulai recehan visi MILYARAN; Bisnis apapun itu, pasti dimulai dengan sepeser dua peser :) seperak dua perak. Lakukan aja, tapi harus tetapkan target bahwa dalam sekian tahun, recehan ini akan menjadi MILYARAN.
  5. Modalnya 1 MYa, setiap kita dikaruniai hal ini. Bukan bukan :) bukan uang 1 Milyar.. Tapi 1 Mulut. Ingat dua hal ini: “Nanya kan ngga bayar..” dan “Nawar kan ngga bayar..” Simpen malunya, buka mulutnya. Semakin banyak mulutnya dibuka, semakin banyak omzet yang dateng deh :) aamiin “Yang sekarang SUKSES, dulu belum sukses. Semua mengawali dengan KEYAKINAN, bukan KEMAMPUAN. YAKIN aja dulu, nanti DIMAMPUKAN.” :)
Oke teman-teman.. sekarang sudah jelas kan kenapa kita harus mulai untuk mencoba berbisnis mulai dari sekarang.
Semuga Artikel ini dapat mengispirasi kita semua,khususnya kita sebagai seorang mahasiswa.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »