Renungan: TELOR AKAN JADI AYAM APABILA DIERAMI, BILA SERING DITINGGAL GA JADI

03:07
⁠⁠⁠Sebuah renungan

TELOR AKAN JADI AYAM APABILA DIERAMI, BILA SERING DITINGGAL GA JADI
------++++++------
Pilihan Peran Sejarah Kita
(Umarul faruq Abubakar)

Dalam beberapa kali pertemuan saya sempat bertanya kepada guru saya tercinta, Ust. Muin, tentang pilihan peran sejarah. Di bidang mana sebaiknya saya fokus, mencurahkan segenap potensi sebagai bentuk pengabdian kepada Allah dan kontribusi kepada umat manusia.

Terus terang, selain menjalani profesi sebagai guru saat ini, saya berobsesi menjadi dosen di Universitas dan pembicara nasional dan internasional yang melakukan safari dakwah dari satu daerah ke daerah lain, dari satu negara ke negara lain.

Saya sampaikan hal itu kepada beliau.

"Semua itu tergantung fokus," jawab Ust. Muin.

"Kalau saya memilih untuk menjadi pendidik. Menjadi seorang ustadz di pondok. Pengaruhnya lebih kuat dan pencapaiannya lebih terukur"

Saya diam dengan saksama mendengarkan penyampaian beliau.

"Antum bisa saja jadi di dosen di Universitas. Tapi pengaruhnya kepada mahasiswa tidak terlalu kuat. Jauh lebih kuat pengaruh antum kepada santri. Mereka jauh lebih menerima dan mudah untuk kita arahkan kepada kebaikan. Apalagi sebagai dosen saya merasa, input dan kemampuan anak-anak kita di SMP dan SMA jauh lebih baik daripada mahasiswa"

Artinya, dalam hal penerimaan nasehat, ilmu, dan informasi, jauh masih lebih baik anak-anak di pondok. Sementara mahasiswa, mereka sudah punya dunia sendiri, yang kadang kehadiran di kuliah hanya sebagai syarat supaya tidak ditulis alpa.

"Sementara untuk safari dakwah," lanjut Ust. Muin, "Antum bisa saja ceramah dari satu tempat ke tempat lain, dari satu negara ke negara lain. Tapi pencapaiannya tidak terukur. Apa coba ukurannya?" tanya Ust. Muin mengetuk pintu kesadaran saya.

"Ya paling jadi tenar dan terkenal, seperti beberapa ustadz yang ada" jawab saya spontan. Sebenarnya saya merasa malu juga dengan jawaban itu.

"Kalau sekedar terkenal, itu la yusminu wala yughni min ju'. Tidak bermanfaat apa-apa" tegas Ust Muin.

"Antum ingat Imam Zarkasyi, akhi?"

Duh, kata kata "akhi" dari Ust Muin benar-benar mengharukan. Harusnya "Ibni..." sebab beliau hampir seusia bapak saya, atau "Tilmidzi.." ini malah "saudaraku".

"Kiai Zarkasyi itu mendapat tawaran kemana-mana. Tapi beliau tidak mau. Beliau memilih untuk menjadi pengasuh dan pendidik murid-muridnya di pesantren Gontor. Beliu memilih untuk menunggui murid-muridnya di pondok dari pada mengisi ceramah dimana-mana"

Dan memang terbukti, murid-murid Kiai Zarkasyi ini akhirnya banyak yang menjadi pemimpin-pemimpin di negeri ini, seperti KH. Din Syamsuddin (mantan ketua PP Muhammadiyah), KH. Hasyim Muzadi (mantan ketua PBNU), Ust. Abu Bakar Baasyir (mantan pimpinan Pondok Al Mukmin Ngruki), H. Maftuh Basyuni (mantan menteri agama RI), Dr. Hidayat Nur Wahid (mantan ketua MPR), banyak lainnya.

"Telur itu dapat menjadi ayam kalau dierami. Kalau sering ditinggal maka tidak jadi" lanjut Ust Muin

"Begitu pula seorang guru, dia dapat mencetak murid yang hebat kalau setia dan telaten mendampingi muridnya"

"Saya pribadi sedang berusaha untuk dapat berada di pondok 100% sehingga lebih bisa mendampingi para santri" pungkas beliau...

Saya terdiam. Dan akhirnya paham dan sadar apa peran sejarah yang harus saya ambil. Yaitu menjadi seorang pendidik dan guru.

Setelah mendengarkan nasehat Ust. Muin ini, seketika saya teringat dengan seorang Guru Khoth di sebuah sekolah menengah di kota Ismailiah, Mesir. Guru kaligrafi ini adalah seorang mahasiswa lulusan terbaik dari Fakutlas Darul Ulum, Univesitas Kairo. Hafal Al Quran, hafal ribuan hadits, dan hafal ribuan syair.

Ia menguasai beragam keilmuan dengan baik, sehingga akhirnya mendapatkan tawaran beasiswa dari Eropa. Tapi ia menolak, sehingga yang berangkat adalah mahasiswa nomor 2. Ia lebih memilih menjadi guru SMP.

Tetapi beberapa tahun berikutnya, ternyata dari tangannya terlahirlah ribuan pahlawan dan pejuang yang memenuhi dunia dengan perjuangan mereka.

Dialah Imam Hasan Al Banna.

Lalu pada akhirnya kita akan mati. Dan yang tersisa hanyalah karya-karya kita yang sempat kita tinggalkan. Dan karya terbaik itu adalah murid-murid kita yang selalu menebar ilmu dan kebaikan dimanapun mereka berada.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »