Reframing Ilmu Yang Penting Dalam Kehidupan

21:15
Alhamdulillah...
Kata itu adalah kata yang biasa mewakili ilmu reframing. 




Reframing adalah membingkai sebuah pengalaman akan perilaku atau kejadian dengan mengubah konteksnya menjadi hal positif yang lebih baik.

Contoh dalam kehidupan yang sering kita temui, sebagai berikut :
Misalkan kita sedang dalam sebuah perjalanan yang menuju kesebuah tempat yang ingin kita tuju, kita sudah membuat rancangan perjalanan yang maksimal sehingga kita sangat menanti akhir dari tujuan perjalanan, namun pada pertengahan jalan, ban mobil kita rusak, sehingga hal itu membuah perjalanan kita menjadi terbengkala karena kita harus mencari bengkel dan menunggu sampai ban mobil benar-benar sudah siap dipakai lagi. Dalam kejadian ini, normalnya kebanyakan orang pasti akan mengeluh dan bahkan akan marah, namun kita mencoba untuk membingkai hal ini dengan tanggapan yang positif dengan kata "Alhamdulillah", sehingga kita tidak melihat kejadian ini di sisi negatifnya, tapi dari segi positif. Hal inilah yang disebut sebagai reframing. ^_^

Dalam kehidupan kita, tentu sangat banyak hal-hal cobaan yang menguji kehidupan kita, hal itu jika kita menaggapi secara negatif dan mengeluh, maka kita hanya mendapatkan sebuah kekosongan, bahkan hal itulah yang menjauhkan kita terhadap rezeki kita.
Tetapi sebaliknya, jika kita menaggapi hal itu dengan positive feeling kepada Sang Pencipta, maka Allah akan membukakan dan melapangkan hati kita, sehingga dalam hal ini, Allah akan menaikan derajat kita, dan pastinya akan ada hikmah dibalik cobaan yang menguji kita. :)

Garis finish dalam kehidupan mungkin sudah dekat, sebagian orang yang hanya mampu mengeluh, mereka akan menyerah begitu saja tanpa tau jika garis finish sudah dekat, namun beda halnya dengan seseorang yang selalu berpositive feeling, ketika ada cobaan yang menghalanginya, dia akan terus bangkit dan maju sampai garis finish dia dapatkan.

Maka, jadilah orang yang mampu ber-positive feeling, lakukanlah reframing dalam kehidupan sehari-hari dan yakin Allah sudah mempersiapkan hikmah yang terbaik untuk diri kita

Artikel Terkait

Previous
Next Post »